THE INFLUENCE OF REALIA TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (AN EXPERIMENTAL STUDY AT EIGHT GRADE OF SMPN 1 KIBIN SERANG REGENCY)

Main Author: SRI WAHYUNI, WULAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13087/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20REALIA%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20ABILITY%20IN%20WRITING%20DESCRIPTIVE%20TEXT%20AT%20THE%20EIGHTH%20GRADE%20OF.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13087/
Daftar Isi:
  • Menulis adalah bentuk komunikasi yang praktis; menulis adalah proses pendidikan untuk penulis dan pembaca, di mana penulis bertanggung jawab untuk sukses komunikasi. Artinya, menulis merupakan alat untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan lain tentang perasaan penulis dan sesuatu yang dia pikirkan untuk membuat penonton, pembaca, memahami tentang isi atau pesannya menulis. Ada beberapa media untuk membuat siswa lebih mudah memahami teks. Satu salah satu media yang menarik adalah realia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh realia terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif di kelas SMPN 1 Kibin Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kuasi desain eksperimen sebagai media penelitian. Peneliti melakukan 7 kali pertemuan menggunakan media REALIA sebagai perlakuan pada kelas eksperimen. Alat yang digunakan yang dilakukan peneliti adalah tes tulis. Setelah mengumpulkan data, peneliti menganalisis mereka dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dari kemampuan siswa dalam menulis deskriptif adalah signifikan. Bisa dilihat dari hasilnya t-test untuk mengukur signifikansi. Dalam menganalisis data penulis menghitung skor rata-rata pre-test dan post-test untuk mengukur kemajuan siswa. Daripada nilai kritis t-tabel. nilai pre-test 1 adalah 65.1.(65.1.>2.042) dan post-test 1 adalah 78,7.(78,7>2,042) pretest II 72,7(72,7>2,042) dan posttest II adalah 80.(80>2,042) dan pre-test III adalah 73,7.(73,7>2,042) dan post-test III adalah 82,6 (82,6> 2,042) Oleh karena itu, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Jadi, bisa jadi menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara realia terhadap kemampuan siswa dalam teks deskriptif. Di kelas VIII SMPN 1 Kibin Kabupaten Serang.