THE INFLUENCE OF JIGSAW TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE OF SMPN 14 KOTA SERANG

Main Author: APRIL YANTI, HUSNUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13084/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20JIGSAW%20TECHNIQUE%20TOWARDS%20STUDENTS%E2%80%99%20READING%20COMPREHENSION%20AT%20THE%20EIGHTH.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13084/
Daftar Isi:
  • Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang dipelajari oleh siswa di semua tingkatan. Ada empat keterampilan berbahasa Inggris yang harus dipelajari. Salah satunya adalah menulis. Menulis merupakan salah satu keterampilan produktif yang menitikberatkan pada proses berbahasa produksi. Penelitian ini berfokus pada pengaruh evaluasi teman sebaya terhadap siswa keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas II SMPN 6 Kota Serang. Itu Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah evaluasi sejawat dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Masalah penelitian ini adalah tentang teknik mengajar. Karena perkembangan pengajaran bahasa Inggris saat ini, ada banyak teknik yang dapat diadaptasi oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini berfokus pada pengaruh evaluasi teman sebaya terhadap kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses terjadinya mengajar untuk mengetahui pengaruh peer evaluation terhadap keterampilan menulis siswa dalam kelas dua di SMPN 6 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu sebagai metode penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMPN 6 Kota Serang, dan sampelnya yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan VIII A sebagai kelompok kontrol. Kelas dipilih secara acak dari enam kelas. Dengan menggunakan metode ini, peneliti melakukan eksperimen di untuk mengetahui peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah perlakuan. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes menulis dan wawancara. Setelah mengumpulkan data, peneliti menganalisisnya dengan menggunakan uji-t. Hasil dari ini penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan dari evaluasi teman sebaya terhadap tulisan siswa keterampilan dalam teks deskriptif pada kelompok eksperimen adalah signifikan. Hal itu dapat dilihat dari hasil uji-t. Peneliti mendapatkan hasil dari uji signifikansi atau thitung sebesar 4,26, sedangkan ttabel adalah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,26 > 0,05). hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Jadi, bisa jadi menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis deskriptif siswa dengan menggunakan strategi peer evaluation pada siswa kelas II SMPN 6 Kota Serang.