KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SERANG TAHUN 2018
Main Authors: | MEGAWATI, MEGAWATI, Widyastuti, Yeni, Riswanda, Riswanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1308/1/Kualitas%20Pelayanan%20di%20Dinas%20Kependudukan%20dan%20Pencatatan%20Sipil%20Kota%20Serang%20Tahun%202018%20-%20Megawati%20%286661140287%29%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1308/ http://ap.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Megawati. SKRIPSI. 6661140287. 2018. Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Tahun 2018. Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Yeni Widyastuti, S.Sos., M.Si. Pembimbing II Riswanda, Ph.D. Fokus penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Tahun 2018. Identifikasi masalahnya yaitu sarana dan prasarana yang disediakan Disdukcapil Kota Serang masih belum memadai, minimnya sosialisasi yang diberikan oleh Disdukcapil Kota Serang mengenai smartdukcapil, tidak pastinya waktu pelayanan yang diberikan, kurangnya keramahan pegawai dalam melayani masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengukur Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Tahun 2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Five Dimension of SERVQUAL menurut Zeithaml, Parasuraman, dan Berry dalam Ratminto dan Winarsih (2012:175-176). Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan pembuatan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Disdukcapil Kota Serang dalam satu hari ratarata 539 orang dengan jumlah sampel 230 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan Accidental sampling. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah mencapai 68% dari angka minimal yang dihipotesiskan 65% dan masuk kategori sedang atau cukup baik. Saran penelitian ini adalah Disdukcapil Kota Serang diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat sebagai pengguna layanan terutama dalam hal kecepatan dan ketepatan, Disdukcapil Kota Serang perlu menyediakan penampilan fisik yang baik serta menyediakan fasilitas penunjang yang lebih memadai, Disdukcapil Kota Serang diharapkan bisa meningkatkan sosialisasinya mengenai aplikasi smartdukcapil agar masyarakat bisa mengetahui dan menggunakan aplikasnya sehingga dapat memudahkan dan membantu masyarakat dalam membuat dokumen kependudukan dan catatan sipil. Kata Kunci : Disdukcapil Kota Serang, Kualitas, Pelayanan.