THE INFLUENCE OF DIRECT METHOD TOWARD STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILLS AT NINTH GRADE OF DAAR EL - QOLAM BOARDING SCHOOL GINTUNG JAYANTI TANGERANG

Main Author: HASANAH, ROSYIDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13078/1/The%20Influence%20of%20direct%20method%20toward%20students%27%20English%20speaking%20skills%20at%20ninth%20grade%20Daar%20el.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13078/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan dari metode langsung terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas IX Pondok Pesantren Daar El Qolam Gintung Jayanti Tangerang. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan desain eksperimen sejati sebagai metode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX Daar El Qolam. Dari empat belas kelas, dua kelas dipilih dengan menggunakan random contoh. IX A dipilih sebagai kelompok eksperimen dan IX F dipilih sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan data yang didapat dari para siswa nilai tes, proses belajar mengajar berjalan aktif karena siswa memberikan tanggapan positif. Mereka bisa menjawab pertanyaan peneliti dengan sangat dengan baik selama proses pembelajaran. Mereka juga bertanya kepada peneliti terkait dengan bahan. Setelah melakukan treatment dan evaluasi baik pre test maupun post tes dengan menginstruksikan siswa untuk berlatih bahasa Inggris tentang prosedur teks. Peneliti menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan direct metode terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai t-test yang lebih tinggi dari nilai t-tabel (23.535 > 1.993) dengan taraf signifikan adalah 0,05. Artinya hipotesis (Ha) diterima. Oleh karena itu, dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode langsung terhadap satudents keterampilan berbicara bahasa Inggris. Semua saran bahwa penggunaan metode langsung dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris sangat direkomendasikan.