THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING READING ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT EIGHTH GRADE OF SMPN 18 KOTA SERANG
Main Author: | PURWANTINAH, FERIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13073/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20CONTEXTUAL%20TEACHING%20AND%20LEARNING%20%28CTL%29%20IN%20TEACHING%20READING%20ON%20STUDENTS%E2%80%99%20READING%20COMPREHENSION%20AT%20EIGH~1.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13073/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam pengajaran membaca oleh menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pemahaman membaca siswa kelas VIII SMPN 18 Kota Serang. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 18 Kota . Serang. Sampel penelitian adalah 60 siswa dengan teknik cluster sampling. Kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol. Kelompok percobaan menerima pengajaran membaca dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pemahaman membaca siswa. Sedangkan pada kelompok kontrol menerima konvensional metode. Kedua kelompok diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui kemampuan membaca siswa pemahaman sebelum dan sesudah perlakuan. Tes terdiri dari 20 item tes di pilihan ganda. Hasil rata-rata post-test pada kelompok eksperimen 69,67 lebih tinggi dari rata-rata pada kelompok kontrol 61,00. Dalam pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam pengajaran membaca dengan menggunakan Contextual Teaching dan Learning (CTL) terhadap pemahaman bacaan siswa. Berdasarkan perhitungan t-test adalah thitung > ttabel atau 2,367 > 2,002. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima. Itu berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam pengajaran membaca dengan menggunakan Contextual Teaching dan Pembelajaran (CTL) pada pemahaman membaca siswa kelas VIII SMPN 18 Kota Serang.