THE INFLUENCE OF COMPUTER BASED LEARNING (CBL) TOWARD STUDENT’S ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT IN THE SECOND GRADE OF SMK INFORMATIKA KOTA SERANG

Main Author: ANDRIYANA, ADITIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13072/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20COMPUTER%20BASED%20LEARNING.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13072/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pengaruh dan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Komputer pada kelas II SMK Informatika Kota Serang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuasi eksperimen desain sebagai metode penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMK Informatika Kota Serang. Kelas-kelasnya adalah dipilih secara acak dari delapan kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa APK 1 sebagai kelas eksperimen dan RPL 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan 25 siswa sebagai sampel dari kedua kelas. Dengan menggunakan ini metode, peneliti melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen setelah perlakuan. Itu Instrumen yang digunakan peneliti adalah menulis teks deskriptif. Selain itu, peneliti menggunakan isi dan konstruk untuk mengetahui validitas tes dan Alpha Rumus Cronbrach untuk menguji reliabilitas. Setelah mengumpulkan data, peneliti dianalisis dengan menggunakan T-test. Peneliti mendapatkan hasil dari uji signifikansi atau hitung “t” adalah , sedangkan tabel “t” adalah 1,23. Ini menunjukkan bahwa hitung “t” lebih tinggi dari tabel “t” (7,23 1,23). Oleh karena itu, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Setelah peneliti menerapkan metode tersebut, respon siswa sudah baik. Mereka merasa antusias dan tertarik untuk belajar menulis dengan metode baru. Jadi, hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari kemampuan menulis siswa melalui Pembelajaran Berbasis Komputer pada kelas II SMK Informatika Kota Serang.