THE INFLUENCE OF COMIC TOWARD STUDENTS’ READING ABILITY AT EIGHTH GRADE OF SMPN 3 BAROS
Main Author: | IFA PRATIWI, INDRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13070/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20COMIC%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20READING%20ABILITY%20AT%20EIGHTH%20GRADE%20OF%20SMPN%203%20BAROS.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13070/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komik terhadap hasil belajar siswa. kemampuan membaca siswa kelas VIII SMPN 3 Baros. Peneliti melakukan ini penelitian berdasarkan masalah penelitian “Apakah ada pengaruh penggunaan komik terhadap kemampuan membaca siswa kelas VIII SMPN 3 Baros?”. Peneliti melakukan penelitian ini dengan menerapkan pendekatan kuantitatif dengan kuasi eksperimen sebagai sebuah metode. Dalam penelitian ini, semua siswa kelas II SMPN 3 Baros adalah diambil sebagai populasi. Populasinya adalah 50 siswa. Penelitian ini melibatkan satu kelas VIII SMPN 3 Baros dipilih sebagai sampel dengan menggunakan purposive pengambilan sampel dan sampelnya adalah 25 siswa. Hasil penelitian berdasarkan penelitian tentang “Pengaruh komik terhadap kemampuan membaca siswa kelas VIII SMPN 3 Baros, peneliti menemukan ada pengaruh yang signifikan terhadap membaca siswa kemampuan. Hal ini dibuktikan dengan uji-t independen pada kelas eksperimen. Hasil uji-t untuk post test adalah 3.333. Berdasarkan tabel distribusi dengan taraf signifikansi 0,05, t-tabel adalah 2.011. Hal ini menunjukkan bahwa hasil t-test lebih tinggi dari t-tabel. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari narasi komik terhadap membaca siswa kemampuan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan narasi komik dalam pengajaran membaca dapat mempengaruhi kemampuan membaca siswa pada teks naratif.