THE IMPLEMENTATION OF TEACHING WRITING RECOUNT TEXT BY USING MIND MAPPING AT EIGHT GRADE OF SMPN 3 KRAGILAN KABUPATEN SERANG

Main Author: TRY WIBAWA, AZI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13066/1/THE%20IMPLEMENTATION%20OF%20TEACHING%20WRITING%20RECOUNT%20TEXT%20BY%20USING%20MIND%20MAPPING%20AT%20EIGHT%20GRADE%20OF%20SMPN%203%20KRAGILAN%20KABUPATEN%20~1.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13066/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis recount teks. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII SMPN 3 Kragilan Kabupaten Serang 2014/2015 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini adalah Collaborative Classroom Action Research, kerjasama peneliti dengan guru bahasa Inggris, Ibu Tuti Alawiyah, S.Pd. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan desain Kurt Lewin. Dia terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, bertindak, mengamati, dan merefleksi. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan kualitatif dan metode kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan wawancara, sedangkan data kuantitatif melalui tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 54,03. Selanjutnya, nilai rata-rata post-test 1 adalah 63,63 dan nilai rata-rata post-test siklus 2 adalah 70,7. Apalagi hasil pre-test menunjukkan 3 siswa atau 10% yang lulus KKM, sedangkan pada post-test 1 ada ada 10 siswa atau 33,3% lulus KKM dan 21 siswa atau 70% tercapai KKM. Secara otomatis, dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount.