THE IMPLEMENTATION OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA IN TEACHING SPEAKING AT THE SECOND GRADE OF SMP NEGERI 2 CILEGON ( A Classroom Action Research)
Main Author: | DWI SARI, MUTIARA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12925/1/THE%20IMPLEMENTATION%20OF%20INTERACTIVE%20LEARNING%20MEDIA%20IN%20TEACHING%20SPEAKING%20AT%20THE%20SECOND%20GRADE%20OF%20SMP%20NEGERI%202%20CILEGON.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12925/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan perbaikannya kemampuan berbicara siswa melalui media pembelajaran interaktif. Dalam membangun ini penelitian, peneliti mengumpulkan data dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui empat tahap dan menggambarkan proses menggunakan data kualitatif analisis. Kegiatan dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas VIII-H yang terdiri dari 27 siswa kelas II SMP di SMP Negeri 2 Cilegon pada tahun ajaran 2013/2014. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti melakukan pretest dan posttest dan mengukur nilai rata-rata menggunakan analisis data kuantitatif. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui signifikansi nilai siswa dari pretest dan posttest. Semua proses belajar mengajar disajikan dengan bantuan video. Video tersebut adalah tentang percakapan memberikan pendapat dan persetujuan teks antarpribadi. Setelah perlakuan dengan menerapkan media pembelajaran interaktif di setiap siklus, kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris meningkat. Itu bisa dilihat dari hasil pre-test adalah 69,74 dan hasil post-test adalah 94,11. Dia menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dalam keterampilan berbicara efektif cara untuk membantu siswa dalam menguasai berbicara dan memberikan beberapa manfaat bagi siswa dalam untuk memudahkan mereka dalam belajar bahasa Inggris.