THE IMPLEMENTATION OF CLUSTERING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF RECOUNT TEXT (A Classroom Action Research in the Eighth Grade of SMPN 18 Tangerang)

Main Author: NURHAIN BASRI, SELVIE
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12924/1/THE%20IMPLEMENTATION%20OF%20CLUSTERING%20TECHNIQUE%20TO%20IMPROVE%20STUDENTS%27%20READING%20COMPREHENSION%20OF%20RECOUNT%20.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12924/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan siswa pemahaman membaca teks recount dan untuk mengetahui peningkatannya dengan menerapkan teknik clustering di kelas VIII SMPN 18 Tangerang. Itu Metodologi penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Kemmis dan Model McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8.6 yang terdiri dari: dari 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Terdapat dua kali pertemuan dan satu kali post test pada setiap siklusnya. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara pre-test dan test pada siklus satu. Hasil pre-test adalah 66, 53 dan pada tes siklus satu adalah 81, 40 tetapi ada beberapa siswa masih mendapat nilai di bawah KKM=75. Jadi, peneliti memutuskan untuk melanjutkan siklus dua. Hasil tes pada siklus dua adalah 90, 10 dan semua siswa dinyatakan lulus KKM. Sehingga nilai siswa dari pre-test ke test pada siklus satu meningkat sekitar 14,87 (22,53%) dan dari tes pada siklus satu ke tes pada siklus dua meningkat sekitar 8, 7 (10, 68%). Selain itu, berdasarkan lembar observasi yang diisi oleh peneliti dan guru, terdapat peningkatan motivasi siswa sebelum dan sesudah PTK. Siswa lebih banyak tertarik untuk mempelajari pemahaman membaca. Mereka sangat antusias mengikuti kelas. Mereka tidak malu untuk bertanya kepada guru ketika mereka merasa bingung atau kesulitan dalam sedang belajar. Dari hasil pengujian di atas, peneliti menyimpulkan bahwa menggunakan clustering teknik dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa terutama teks recount.