THE EFFECTIVENESS OF USING MIND MAPPING TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE AT THE EIGHT GRADE OF SMP MUHAMMADIYAH 4 TANGERANG

Main Author: PUTRI KUSUMAWARDANI, INDRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12921/1/THE%20EFFECTIVENESS%20OF%20USING%20MIND%20MAPPING%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20ABILITY%20IN%20WRITING%20DESCRIPTIVE%20AT%20THE%20EI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12921/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan mind pemetaan terhadap kemampuan siswa dalam menulis deskriptif di kelas delapan SMP Muhammadiyah 4 Tangerang. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif menerapkan desain eksperimen sejati sebagai metode penelitian. Ada dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini. Kelompok eksperimen dan kontrol. Contoh ini penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 4 Tangerang, dipilih 30 siswa untuk setiap kelompok. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes. Keandalan instrumen adalah 0,65 sedangkan rtabel 30 adalah 0,361. Artinya tes tersebut reliabel, karena 0,65>0,361. Penelitian menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan pikiran pemetaan terhadap tulisan deskriptif siswa. Tes sampel independen di atas menunjukkan bahwa probabilitas (Sig. (2-tailed)) lebih rendah dari tingkat signifikansi (0,020 < 0,05). Oleh karena itu, nilai thitung > ttabel (4,484 > 2,001) dan nilai P (0,020 < 0,05), maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan antara rata-rata nilai ujian kelas eksperimen dengan nilai rata-rata tes kelas kontrol. Jadi, ada pengaruh signifikan kemampuan deskriptif menulis siswa dengan menggunakan mind mapping.