PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA UBIN ALJABAR DENGAN METODE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Main Author: UMROH, DESIYATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12903/1/PEMBELAJARAN%20MATEMATIKA%20MELALUI%20ALAT.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12903/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK DESIYATUL UMROH., Pembelajaran Matematika Melalui Alat Peraga Ubin Aljabar Dengan Metode Co-op Co-op untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, salah satunya adalah penggunaan alat peraga ubin aljabar dengan metode co-op co-op. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui alat peraga ubin aljabar dengan metode co-op co-op lebih baik dibandingkan dengan yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Bagaimana sikap siswa terhadap pelajaran matematika melalui alat peraga ubin aljabar dengan metode co-op co-op. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Khairiyah Pengampelan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui alat peraga ubin aljabar dengan metode co-op co-op lebih baik dibandingkan dengan yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Siswa memberikan sikap yang positif terhadap pelajaran matematika melalui alat peraga ubin aljabar dengan metode coop co-op. Kata Kunci : Alat Peraga Ubin Aljabar, Metode Co-op Co-op, Berpikir Kritis Matematis.