STRATEGI PEMASARAN KERIPIK TEMPE (Studi Kasus di Industri Rumah Tangga “Palem Sari” Kabupaten Serang Provinsi Banten)
Main Author: | HIDAYAT, IRFAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12883/1/STRATEGI%20PEMASARAN%20KERIPIK%20TEMPE.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12883/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis alternatif strategi pemasaran keripik tempe produksi industri rumah tangga Palem Sari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Industri rumah tangga Palem Sari saat ini berada dalam posisi sel V, yaitu Hold and Maintain (pertahankan dan pelihara). Strategi pemasaran keripik tempe yang dapat dipakai oleh industri rumah tangga Palem Sari adalah dengan melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi penetrasi pasar dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan pameran untuk mengenalkan produk Palem Sari, meningkatkan kegiatan promosi dengan cara memanfaatkan media cetak maupun elektronik, internet, belanja elektronik (online shopping), promosi penjualan, potongan harga, pemasangan spanduk, membuka daerah pemasaran baru / agen penyalur. Sedangkan alternatif strategi dengan pengembangan produk diantaranya dengan cara menjaga harga jual produk keripik tempe tidak jauh berbeda dengan produk sejenis, meningkatkan volume produksi keripik tempe, membuat varian produk, meningkatkan kinerja karyawan khususnya bagian distribusi produk, melakukan pemadatan tugas karyawan, mengelola gerai penjualan dengan penataan display varian produk Palem Sari, mempertahankan agen penyalur yang telah ada dan lain-lain strategi yang dapat dilakukan oleh industri rumah tangga Palem Sari dalam pengembangan usaha dan pemasaran produk keripik tempe