STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SWARA ANGKASA MEGAH 98,90 FM PANDEGLANG DALAM MENDAPATKAN IKLAN

Main Author: REZAFAHLEVI, AGUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12878/1/STRATEGI%20KOMUNIKASI%20PEMASARAN%20%20RADIO%20SWARA%20ANGKASA%20MEGAH%2098%2C90%20FM%20PANDEGLANG%20DALAM%20MENDAPATKAN%20IKLAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12878/
Daftar Isi:
  • Semakin maraknya Radio Swasta terutama pada gelombang FM Stereo menimbulkan banyaknya persaingan terutama dalam pemasangan iklan radio (pengiklan), sebab kelangsungan hidup radio swasta tidak hanya pada hubungan penting pihak radio dan pendengarnya saja, ada satu pihak lain lagi yang merupakan unsur penting bagi radio yakni Marketing. Bahkan dapat dikatakan pula pengiklan adalah nyawa bagi stasiun radio swasta yang berfungsi sebagai pemberi modal bagi berjalannya kegiatan operasional radio tersebut, oleh karena itu dibutuhkan Strategi Kounukasi Pemasaran untuk mendapatkan Iklan. Untuk mencapai tujuan diatas, maka penulis melakukan penelitian dengan melakukan pengamatan langsung (Observasi) dengan melakukan wawancara kepada Manager Siaran, Marketing, dan Bagian Iklan Radio Swara Angkasa Megah 98.90 FM Pandeglang, untuk mendapatkan data dari sumbernya langsung (Data Primer) dan penelitian juga melakukan pengumpulan data secara tidak langsung (Data Sekunder) melalui literature, kepustakaan dan media informasi, kemudian data yang berhasil dikumpulkan disajikan dalam bentuk metode deskriptif kualitatif. Strategi komunikasi pemasaran yang dilaksanakan oleh Radio Swara Angkasa 98,9 FM Pandeglang dijalankan oleh bagian marketing, yang terdiri dari marketing siaran langsung, talkshow dan marketing event untuk meningkatkan pemasang iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran yang diterapkan oleh Radio Swara Angkasa Megah 98.90 FM Pandeglang dalam upaya meningkatkan jumlah pemasang iklan menggunakan Marketing Mix 4P (product, price, placement and promotion) dengan mendapatkan pengiklan melalui advertising, personal selling, sales promotion, direct selling, dan publicity dengan menggunakan konsep AIDDA dalam sistem marketing.