THE INFLUENCE OF QUANTUM TEACHING METHOD TOWARD VOCABULARY MASTERY AT THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 18 KOTA SERANG

Main Author: MUHOLIFAH, MUHOLIFAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12851/1/SCRIPT%20IFAH-PEND.B.ING.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12851/
Daftar Isi:
  • Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen sejati sebagai salah satu metode penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII siswa SMPN 18 Kota Serang. Enam puluh Siswa diambil sebagai sampel dengan random sampling, tiga puluh siswa VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan tiga puluh siswa kelas VIIIB sebagai kelompok kontrol. Kelompok kontrol menerima konvensional metode sedangkan kelompok eksperimen menerima metode pengajaran kuantum sebagai perlakuan dalam belajar kosa kata mereka. Kedua kelompok diberikan pretest dan posttest untuk mengetahui pengetahuan kosakata siswa sebelum dan sesudah perlakuan perawatan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes kosakata, dan angket. Observasi bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan penguasaan kosakata siswa menuju penggunaan kuantum metode pengajaran, hal ini berkaitan dengan aktivitas guru dan siswa ketika metode quantum teaching diterapkan sedangkan tes kosakata bertujuan untuk menyelidiki efektivitas penggunaan metode pengajaran kuantum dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Yang terakhir adalah kuesioner. Hal itu bertujuan untuk mengetahui tanggapan dan pendapat siswa tentang pembelajaran kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan metode pengajaran kuantum. Ada beberapa hasil penelitian. 1). Hasil pengamatannya adalah bahwa siswa menunjukkan respons dan perilaku yang baik ketika quantum metode pengajaran diterapkan sebagai pengobatan. Para siswa terlihat begitu aktif, interaktif, dan memiliki semangat yang besar dalam implementasi quantum metode mengajar. 2). Hasil tes kosakata menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest pada kelompok kontrol adalah 74,4 dan menjadi 84 pada posttest. Sementara itu, nilai rata-rata pretest pada kelompok eksperimen adalah 71 dan menjadi 88 pada tes akhir. Jadi, penggunaan quantum teaching dalam pembelajaran khususnya di kelas delapan kelas SMPN 18 Kota Serang telah memberikan efektivitasnya dalam meningkatkan penguasaan kosakata. 3) Hasil angket menunjukkan bahwa semua siswa pengobatan dengan metode pengajaran kuantum, menjawab "ya" untuk semua kuesioner item. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen memiliki sikap yang kuat kesepakatan terkait penggunaan metode quantum teaching dapat meningkatkan motivasi dalam belajar kosa kata.