Realitas KOMPAS TV Dalam Menggunakan YouTube Sebagai Sarana Menyebarluaskan Berita
Main Author: | Garmabrata, Galuh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12834/1/REALITAS%20KOMPAS%20TV%20DALAM%20MENGGUNAKAN%20YOUTUBE%20SEBAGAI%20SARANA%20MENYEBARLUASKAN%20BERITA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12834/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan media baru seperti YouTube banyak dimanfaatkan oleh khalayak sebagai sarana penyebaran informasi. KOMPAS TV sebagai media massa berbasis televisi yang mengaplikasikan YouTube untuk menyebarluaskan hasil tayangan berita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fenomena serta realitas apa saja yang terjadi pada proses penyebaran informasi (tayangan berita) melalui situs berbagi video, YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan realitas sosial dari Max Weber dengan paradigma pada manajemen media massa dari Harold D. Laswell dan Schramm yang mengutamakan tujuan dan motivasi dibalik pengaplikasian media baru pada salah satu strateginya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui paradigma post-positivis dengan melakukan teknik wawancara mendalam, observasi, serta studi dokumentasi. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada bagian Video Distribution, YouTube Strategist, dan informan pendukung, yaitu orang yang mengakses tayangan berita KOMPAS TV di YouTube. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara kepada semua narasumber, terdapat strategi dan manajemen media massa yang cukup efektif dalam mengelola tayangan ke YouTube sehingga memberikan manfaat terhadap penonton dan KOMPAS TV sendiri. Sedangkan pada pengelolaannya, KOMPAS TV membagi dua kanal, yaitu Kompas TV News Channel (konten program�program berita) dan Kompas TV YouTube Channel (konten program-program hiburan). Disamping itu, terdapat pula hambatan-hambatan yang terjadi pada pengelolaan video yang diunggah ke laman YouTube. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, bahwa realitas yang terjadi pada KOMPAS TV dalam menggunakan YouTube untuk menyebarluaskan tayangan berita begitu beragam, dari mulai strategi yang digunakan oleh tim, penonton yang cukup puas dengan tayangan YouTube-nya, hingga beberapa hambatan yang ada pada proses pengelolaan hasil tayangannya.