Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Berbasis Etnosains Pada Subkonsep Peranan Jamur Dalam Kehidupan Manusia (Untuk Siswa Kelas X MAN Balaraja)

Main Author: SUNARYA, NANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12809/1/PROFIL%20KETERAMPILAN%20PROSES%20SAINS%20SISWA%20BERBASIS%20ETNOSAINS%20PADA%20SUBKONSEP%20PERANAN%20JAMUR%20DALAM%20KEHIDUPAN%20MANUSIA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12809/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains berbasis etnosains pada subkonsep peranan jamur dalam kehidupan manusia. Penelitian ini dilakukan di MAN Balaraja dengan menggunakan metode deskriptif, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 (MIA 1) yang berjumlah 36 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengamati memiliki nilai presentase 81,4%, kemampuan menggolongkan memiliki nilai presentase 93,1%, kemampuan meramal memiliki nilai presentase 72,2%, kemampuan menerapkan konsep memiliki nilai presentase 73,1%, kemampuan mengkomunikasikan memiliki nilai presentase 82,4% dan kemampuan merancang penelitian memiliki nilai presentase 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profil keterampilan proses sains berbasis etnosains pada subkonsep peranan jamur dalam kehidupan manusia berada pada kategori baik dengan nilai presentase sebesar 83,1%