PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014)

Main Author: WULANDARI AGUSTIN, DINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12786/1/PENERAPAN%20PEMBELAJARAN%20MATEMATIKA%20DENGAN%20STRATEGI%20REACT%20NTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20KOMUNIKASI%20MA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12786/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematik yang dimiliki siswa SMP dan sikap siswa terhadap matematika yang masih kurang. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematiknya. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi REACT. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan strategi REACT lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan strategi REACT. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Serang tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilih dua kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematik dan nontes berupa angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, serta siswa memiliki sikap yang sangat kuat terhadap pembelajaran matematika dengan strategi REACT. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka strategi REACT dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dapat diterapkan di kelas.