IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA HASIL MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA SERANG
Main Author: | ARIF, ISTIANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12783/1/IMPLEMENTASI%20%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20COOPERATIF%20INTEGRATED%20READING%20AND%20COMPOSITION%20DAN%20PRACTICE%20REHEA.PDF https://eprints.untirta.ac.id/12783/ |
Daftar Isi:
- ISTIANA ARIF (2222111016), Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan Practice-Rehearsal Pairs pada hasil membaca intensif Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Serang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap hasil membedakan paragraf deduktif dan induktif (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran PRP terhadap hasil membedakan paragraf deduktif dan induktif (3) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil membedakan paragraf deduktif dan induktif antara yang menggunakan model CIRC dan model PRP. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh hasil pembelajaran membedakan paragraf deduktif dan induktif di kelas XI IPS 1 dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan rata-rata pretest 46 dan postest 72,53.(2) terdapat pengaruh hasil pembelajaran membedakan paragraf deduktif dan induktif di kelas XI IPS 2 dengan menggunakan model pembelajaran PRP dengan ratarata pretest 49,75 dan postest 67 (3) terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran membedakan paragraf deduktif dan induktif dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran PRP dengan nilai rata-rata postest siswa kelas XI IPS 1 sebesar 72,5 dan kelas XI IPS 2 sebesar 67 dan selisih dari keduanya sebanyak 5,53 point. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Dengan meninjau hal-hal di atas maka penggunaan model pembelajaran CIRC lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran PRP dalam membedakan paragraf deduktif dan induktif siswa kelas XI SMAN 8 kota Serang.