PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BUAH SEMANGKA BERBIJI DAN TANPA BIJI (Citrullus vulgaris) Suatu Kasus di Perusahaan Dagang Mekar Abadi Pasar Induk Rau Serang

Main Author: Ma’rup, Ma’rup
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12768/1/PERSEPSI%20KONSUMEN%20TERHADAP%20BUAH%20SEMANGKA%20BERBIJI%20DAN%20TANPA%20BIJI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12768/
Daftar Isi:
  • Permintaan hortikultura khususnya produk buah-buahan akan terus meningkat meningkat sejalan dengan jumlah penduduk dan pertumbuah gaya hidupnya. Begitu juga dengan konsumsi buah semangka, meskipun semangka memiliki nutrisi apapun dianggap rendah, banyak buah semangka muncul untuk mencapai .Sesuai dengan Perkembangan ilmu pengetahuan, buah semangka saat ini tersedia dalam beberapa variasi mereka pilihan biji semangka merah, semangka merah tanpa biji, semangka kuning dan biji semangka kuning tanpa biji itu sendiri .Hal ini bertujuan untuk memahami bahwa meneliti jenis pembeli dan menganalisis persepsi konsumen terhadap buah dan biji semangka tanpa biji ada di dalam dirinya sendiri. Sebuah metode penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan pengambilan tempat dilakukan dengan sengaja menjadi produk pembanding buah dalam penelitian ini adalah buah semangka merah, semangka kuning tanpa biji semangka kuning dan buah berbiji.Data yang digunakan adalah data data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan multidimensi skala analisis ( mds ). Berdasarkan hasil penelitian maka kita dapat menyimpulkan bahwa karakteristik responden dalam persepsi konsumen terhadap buah semangka yaitu berdasarkan jenis kelamin, responden paling banyakmembeli semangka merupakan buah responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 37 orang dengan persentase 74% berdasarkan usia yang banyak dikonsumsi adalah usia 20 - 29 tahun sebanyak 22 orang dengan persentase 44% berdasarkan tingkat pendidikan terakhir yang paling banyak adalah sma 34 orang dengan persentase 68% berdasarkan pekerjaan yang paling banyak wiraswasta yaitu sebanyak 25 orang dengan prosentase sebesar 50% dan status perkawinan berdasarkan yang paling banyak adalah menikah sebagai sebanyak 40 orang dengan prosentase 80%. Persepsi konsumen terhadap buah semangka tanpa biji dianggap unggul pada atribut warna karena memiliki warna merah dan sangat menarik dibandingkan dengan jenis semangka lainnya, on semangka kuning tanpa biji dinilai lebih unggul oleh konsumen dari segi rasa karena atribut dipertimbangkan