STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Main Author: SYAHPUTRA, YUDHI ARYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1275/1/skripsi%20yudhi%20083164%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1275/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Yudhi Arya Syahputra/ 6662083164/ Skripsi/ Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen pada PT. RajaGrafindo Persada/ Ilmu Komunikasi/ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ Universitas Sultan Ageng Tirtayasa/ 2012. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran PT. RajaGrafindo Persada merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang usaha penerbitan buku yang menerbitkan buku-buku perguruan tinggi dan bukubuku pilihan atau umum. Survai UNESCO menunjukkan Indonesia sebagai negara dengan minat baca masyarakat paling rendah di Asean. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. RajaGrafindo Persada dalam menarik minat konsumennya. Model praktik komunikasi pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 Ps, yaitu product strategy, price strategy, place strategy, dan promotion strategy oleh Harmaizar Zaharuddin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa PT. RajaGrafindo Persada telah menerapkan 4 (empat) elemen bauran pemasaran dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya. Strategi produk yang dilakukan oleh PT. RajaGrafindo Persada adalah lebih memperhatikan kepada 4 (empat) unsur yaitu kualitas produk, merek, kemasan dan label, dan garansi. Strategi harga yang dilakukan oleh PT. RajaGrafindo Persada yaitu dengan memberikan potongan harga pada acara-acara seperti pameran atau bazar buku, selain itu juga memberikan harga promosi pada saat launching buku terbaru. Strategi distribusi yang dilakukan oleh PT. RajaGrafindo Persada adalah dengan melakukan strategi dua tingkat, yaitu dengan menyalurkan buku-bukunya kepada kantor perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia kemudian setelah itu dipasarkan ke pedagang kaki lima maupun modern outlet. Sedangkan untuk strategi promosi, PT. RajaGrafindo Persada melakukan promosi melalui kerjasama dengan kampus untuk melakukan kegiatan seperti seminar, bedah buku, workshop, pengadaan buku perpustakaan dan lain-lain. Pada kesimpulannya, PT. RajaGrafindo Persada telah menerapkan keempat elemen dalam bauran pemasaran yang dijadikan bahan acuan dalam menjalankan tujuannya untuk menarik minat konsumen.