PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Rawu Kota Serang)
Main Author: | NERISSA ARVIANA SIHALOHO, ELISABETH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12721/1/PERBEDAAN%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20ARTIKULASI%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PA.PDF https://eprints.untirta.ac.id/12721/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan guru selama ini dengan pembelajaran konvensional. Siswa tidak dilatih untuk ikut serta aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran PPKn setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi pada siswa kelas IV SD Negeri Rawu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi ekpserimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol yaitu siswa kelas IV-A yang terdiri dari 31 siswa yang diberikan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yaitu siswa kelas IV-B yang terdiri dari 31 siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tes hasil belajar berupa pretest dan posttest serta nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari uji-t yaitu - 2,000 < 3,512 > + 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Aktivitas siswa kelas eksperimen mendapat hasil sebesar 90% dan kelas kontrol sebesar 70%. Dengan demikian, aktivitas siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi lebih baik daripada aktivitas siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.