PERBEDAAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIP CHART DAN PAPAN PAMER PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI SMA NEGERI 4 CILEGON
Main Author: | SAFRIYANINGSIH, RISA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12718/1/PERBEDAAN%20KEMAMPUAN%20KOGNITIF%20SISWA%20PADA%20PEMBELAJARAN%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20FLIP%20CHART%20DAN%20PAPAN%20PAMER%20PADA%20KONSEP%20STRUKTUR~1.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12718/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran dengan menggunakan media flip chart dan papan pamer pada konsep struktur dan fungsi sel. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 4 CILEGON tahun ajaran 2014-2015. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 menggunakan media flip chart, dan kelas XI IPA 3 menggunakan media papan pamer. Pengumpulan data menggunakan tes Pilihan Ganda (PG), dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan kognitif pada pembelajaran dengan menggunakan media flip chart sebesar 70,19 dengan kategori cukup, dan nilai rata-rata kemampuan kognitif pada pembelajaran dengan menggunakan media papan pamer sebesar 66,33 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi = 0,05 menunjukan (-1,818) < (-2,006) atau (1,818) > ( ) atau signifikansi (0,075) > 0,05 maka diterima. Dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan kognitif pada kelas Flip chart dan papan pamer