Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP
Main Author: | Rahayu, Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12650/1/PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20TEAMS%20GAMES%20TOURNAMENTS%20%28TGT%29%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEM.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12650/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Teluknaga, Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2013/2014 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments(TGT) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui sikap siswa SMP terhadap pembelajaran kooperatif tipe TGT. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan non tes. Instrumen tes dalam penelitian ini berupa tes uraian yang bertujuan mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa dan instrumen non tes berupa angket sikap siswa terhadap pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGTuntuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa mampu meningkatkankemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII-A MTs Negeri 1 Teluknaga, Hal ini dilihat dari hasil postest kelas VII-A lebih baik daripada kelas VII-B dan sikap menunjukkan respon positif terhadap pendekatan TGT dengan kriteria angket yang tergolong sangat kuat