PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN Kejaban)

Main Author: Maryanti, Maryanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12646/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20SISWA%20MELALUI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20SNOWBALL%20TH.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12646/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VI SD dengan nilai rata-rata di bawah KKM yaitu 65 pada mata pelajaran Matematika. Hasil belajar matematika di SDN Kejaban sebagian besar siswa dimana nilai rata-rata matematika yang diperoleh adalah 64. Hal ini disebabkan karena guru dalam mengajar tidak menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariatif sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dengan dua tahap siklus penelitian. Setiap siklusnya dilakukan 3 pertemuan, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, sedangkan data yang diperoleh meliputi data hasil belajar menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan presentase peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 60,65 pada siklus I dan meningkat menjadi 80 pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa pada akhir siklus I sebesar 80% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan kategoti “Baik Sekali”. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI di Sekolah Dasar.