PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN TTW (THINK, TALK, WRITE) DAN LEARNING CYCLE 5E PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG
Main Author: | ISMAWATI, INA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12632/1/PERBANDINGAN%20HASIL%20BELAJAR%20KOGNITIF%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20PEMBELAJARAAN%20%20TTW%20%20%28THINK%2C%20TALK%2C%20WRITE%29%20DAN%20LEARNING%20CYCLE%205E%20P~1.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12632/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaraan Learning Cycle 5E pada konsep sistem ekskresi manusia. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pandeglang tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel penelitian adalah kelas XI IA 3 dan kelas XI IA 2. Kelas XI IA 3 sebagai kelas dengan model pembelajaran TTW sebanyak 34 siswa dan XI IA 2 sebagai kelas dengan model pembelajaraan Learning Cycle 5E sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas TTW sebesar 87,1 dengan kategori sangat baik dan kelas Learning Cycle 5E sebesar 68,5 dengan kategori cukup. Hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan signifikansi (0,000) < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaraan Learning Cycle 5E pada konsep sistem ekskresi manusia.