STRATEGI MANAJEMEN REPUTASI PUBLIC RELATIONS PT KRAKATAU STEEL (PERSERO) TBK (Kasus Pembangunan PT. Krakatau POSCO)

Main Authors: YUDHA, M. SATRIA MANGGALA, Afrilla, Naniek, Nurprapti, Nurprapti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1262/1/Strategi%20Manajemen%20Reputasi%20Public%20Relations%20PT%20Krakatau%20Steel%20%28Persero%29%20Tbk%20dalam%20Kasus%20Pembangu%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1262/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • M. Satria Manggala Yudha, 080416. 2012. Tim Pembimbing : Naniek Afrilla F, S.Sos., M.Si. selaku dosen pembimbing pertama dan Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si. selaku dosen pembimbing kedua. Judul penelitian : Strategi Manajemen Reputasi Public Relations PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam Kasus Pembangunan PT Krakatau POSCO. Reputasi yang baik merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan diinginkan oleh semua perusahaan, tidak terkecuali PT Krakatau Steel, perusahaan ini selalu memiliki reputasi yang baik di mata khalayaknya, namun ketika joint venture dengan PT POSCO Korea, PT Krakatau Steel mengalami krisis dan penurunan reputasi. Terkait dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi manajemen reputasi yang dilakukan oleh PT Krakatau Steel. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini dengan mengacu pada konsep yang dikemukan oleh Yosal Iriantara tentang manajemen reputasi yang terdiri dari (1) Analisis reputasi, (2) Stakeholder relations, (3) Pemantauan media, (4) Materi komunikasi, (5) Media relations, dan (6) Government relations yang digunakan oleh PT Krakatau Steel dalam kasus pembangunan PT Krakatau POSCO. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang memiliki informasi tentang bagaimana PT Krakatau Steel melakukan manajemen reputasi dalam kasus pembangunan PT Krakatau POSCO, diantaranya adalah ketua divisi corporate communication PT Krakatau Steel, specialist internal communication PT Krakatau Steel dan Redaktur Pelaksana Radar Banten. Peneliti berhasil mendapatkan data dan informasi tentang bagaimana strategi manajemen reputasi yang dilakukan oleh public relations PT Krakatau Steel. Hasil dari penelitian ini adalah strategi manajemen reputasi public relations PT Krakatau Steel dalam kasus pembangunan PT Krakatau POSCO dilakukan melalui beberapa tahapan, (1) PT Krakatau Steel melakukan analisis reputasi, di mana perusahaan mengukur tingkat reputasi dan membentuk sebuah tim khusus jika memang dibutuhkan, (2) PT Krakatau Steel melakukan stakeholder relations dengan cara selalu melakukan komunikasi baik melalui kegiatan family gathering, media internal, central speaker maupun intranet (3) PT Krakatau Steel melakukan pemantauan media setiap harinya agar dapat mengontrol reputasi perusahaan di mata media massa (4) PT Krakatau Steel melakukan menyampaikan materi komunikasinya menggunakan media internal, intranet, website, sedangkan untuk metode komunikasinya berupa metode informatif, edukasi, redudancy dan persuasif, (5) Dalam menjalin media relations perusahaan menyelenggarakan kunjungan pers, coffe morning, open house (6) PT Krakatau Steel selalu menjalin hubungan yang baik pada pemerintahan, dengan mengikuti semua regulasi yang berlaku pada pemerintahan kota Cilegon.