PERAN KOMPETENSI DAN KUALIFIKASI INSTRUKTUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA KOREA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) SEJONG HAKWON KOTA CILEGON
Main Author: | JUWITA, EVA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12612/1/PERAN%20KOMPETENSI%20DAN%20KUALIFIKASI%20INSTRUKTUR%20DALAM%20UPAYA%20MENINGKATKAN%20KUALITAS%20PEMBELAJARAN%20BAHASA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12612/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatar belakangi bagaimana peran kompetensi instruktur lembaga kursus dan pelatihan dan bagaimana kualifikasi instruktur lembaga kursus dan pelatihan serta bagaimana kompetensi dan kualifikasi instruktur dapat meningkatkan kualitas pembelajaran lembaga kursus dan pelatihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi instruktur lembaga kursus dan pelatihan, mengetahui kualifikasi instruktur lembaga kursus dan pelatihan serta untuk mengetahui kompetensi dan kualifikasi instruktur dapat meningkatkan kualitas pembelajaran lembaga kursus dan pelatihan. Adapun manfaat dari peneliti secara teoretis dan praktis, penelitian ini dapat memberikan kontribusi, dalam pengembangan pembelajaran di luar sekolah. Agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan hasilnya dapat diandalkan, maka perbaikan pengajaran diarahkan pada pengelolaan proses pembelajaran agar terciptalah proses pembelajaran yang berkualitas. Dalam hal ini instruktur yang berkompeten berperan penting dalam menentukan strategi pembelajaran yang dikembangkan di lembaga kursus dan pelatihan agar menghasilkan luaran pendidikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian diharapkan dapat memberi sumbangan pikiran dan ikut serta dalam membantu pelaksanaan kegiatan pendidikan luar sekolah, khususnya peningkatan kualitas pembelajaran di lembaga kursus bahasa asing (Korea), yang diharapkan dapat memberikan masukan bagi penyelenggara/pengelola kususnya pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sejong Hakwon Kota Cilegon yang menjadi objek dari penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Peneliti mengambil beberapa sampel dengan jumlah 5 orang yang terdiri dari 1 instruktur dan 4 orang peserta kursus. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat dari kompetensi instruktur bagaimana instruktur mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk menciptakan pembelajaran yang baik/ berkualitas serta kualifikasi instruktur juga sangat penting agar pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran atau bidang studi yang dipelajari, sehingga kompetensi dan kualifikasi instruktur dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa asing (Korea).