PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS HAKIKAT SAINS PADA KONSEP KLASIFIKASI TUMBUHAN UNTUK SMA KELAS X
Main Author: | MA’RIFAH, IFAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12603/1/PENYUSUNAN%20MODUL%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20HAKIKAT%20SAINS%20PADA%20KONSEP%20KLASIFIKASI%20TUMBUHAN%20UNTUK%20SM.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12603/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis hakikat sains pada konsep klasifikasi tumbuhan untuk SMA kelas X dan mengetahui kualitas modul pembelajaran berdasarkan penilaian uji ahli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model 3D (define, design, dan develop). Modul pembelajaran yang disusun sudah mengembangkan hakikat sains, yakni sains sebagai sikap, proses, dan produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan angket penilaian untuk uji kualitas modul. Instrumen penilaian uji kualitas modul terdiri dari delapan kriteria yakni mengaitkan ajaran agama, mengembangkan kompetensi sikap, mengembangkan kompetensi kognitif, mengembangkan kompetensi psikomotor, kesesuaian bahasa, penyajian modul, evaluasi modul, dan kegrafikaan. Instrumen penilaian menggunakan skala penilaian 1 sampai 5. Uji kualitas modul dilakukan oleh dua orang dosen jurusan pendidikan biologi Untirta dan tiga orang guru biologi SMA. Berdasarkan hasil uji kualitas modul, modul pembelajaran klasifikasi tumbuhan memperoleh nilai rata-rata 4.6 dari nilai 5 yang termasuk kategori sangat baik.