PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS LEARNING CYCLE 5-E PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA KELAS VIII

Main Author: AFRIANI, SISKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ia
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12601/1/PENYUSUNAN%20LEMBAR%20KEGIATAN%20SISWA%20%28LKS%29%20BERBASIS%20LEARNING%20CYCLE%205-E%20PADA%20KONSEP%20SISTEM%20PENCERNAAN%20.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12601/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyusun Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis learning cycle 5-E pada konsep sistem pencernaan untuk siswa kelas VIII. Hal ini dilatar belakangi oleh penerapan pembelajaran konsep sistem pencernaan di SMP yang berpusat pada guru sehingga dibutuhkan bahan ajar berupa LKS berbasis learning cycle 5-E, yang dapat mengarahkan proses pembelajaran dengan pendekatan yang berpusat pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan desain penelitian Prastowo (menentukan tujuan pembelajaran, pengumpulan materi, penyusunan elemen dan pemeriksaan dan penyempurnaan). LKS berbasis Learning Cycle 5-E terdiri atas lima kegiatan belajar, antara lain engagement, exploration, explanation, elaboration dan evaluation. Penilaian kelayakan LKS oleh ahli dan praktisi disusun berdasarkan empat aspek penilaian, yaitu kelayakan isi, bahasa, sajian dan kegrafikaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS learning cycle 5-E ini secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 89,5% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian pada aspek kelayakan isi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, aspek bahasa sebesar 80% dengan kategori layak, aspek sajian sebesar 85% dengan kategori sangat layak dan aspek kegrafikaan memperoleh 100% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian, LKS learning cycle 5-E yang telah disusun dapat diterapkan untuk proses pembelajaran sistem pencernaan untuk siswa kelas VIII.