STRATEGI KOMUNIKASI BKKBN PROVINSI BANTEN DALAM PROSES PEMBENTUKAN KESADARAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA

Main Authors: Airin, Farah, Yuliana, Nina, Nesia, Andin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1260/1/FARAH%20AIRIN%20082090%20FISIP%20ILMU%20KOMUNIKASI%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1260/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Kepadatan penduduk yang semakin hari semakin meningkat menimbulkan masalah yang sangat besar, tetapi saat ini masih banyak masyarakat yang kurang sadar akan program keluarga berencana yang digulirkan oleh BKKBN Provinsi Banten. Program tersebut menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan penduduk, itulah sebabnya BKKBN Provinsi Banten membentuk kesadaran masyarakat agar mengikuti program KB. Terkait dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi analisis khalayak, menyusun pesan, metode, seleksi dan media yang dilakukan BKKBN Provinsi Banten dengan menggunakan teori kategori sosial dan metode deskriptif kualitatif. Narasumber, melalui snowball sampling sebagai tehnik pemilihan informan dalam BKKBN Provinsi Banten adalah Kasubbag umum dan humas, Kasubbid Advokasi dan KIE, Kasubid Kerjasama Kepengendalian Kependudukan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi BKKBN Provinsi Banten dalam proses pembentukan kesadaran program keluarga berencana dilakukan melalui beberapa tahapan strategi, (1) BKKBN melakukan analisis khalayak dengan melalui survey terlebih dahulu sebelum menyusun pesan dan memberikan pesan, (2) BKKBN menyusun pesan secara deduktif, induktif, kronologis dan topical, (3) BKKBN menyampaikan komunikasi dengan metode informatif, edukasi, persuasif dan pengulangan (4) BKKBN melakukan seleksi terhadap beberapa media berdasarkan khalayaknya, media yang digunakannya media cetak, elektronik, dan online.