PENINGKATAN PERILAKU POSITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI CERITA KETELADANAN RASULULLAH SAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Lestari Cilegon, Banten)
Main Author: | Dwi Oktaviany, Gina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12594/1/PENINGKATAN%20PERILAKU%20POSITIF%20ANAK%20USIA%204-5%20TAHUN%20MELALUI%20CERITA%20KETELADANAN%20RASULLAH%20SAW.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12594/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun atau anak kelas kelompok A TK Lestari Cilegon yang berjumlah 10 anak. Desain dalam penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara orang tua, lembar wawancara anak, catatan lapangan, dokumentasi, dan perolehan data dari pra-siklus, siklus 1 pertemuan 1 sampai 8 dan siklus 2 pertemuan 1 sampai 7 yang dianalisis dengan menggunakan rumus presentase untuk diketahui peningkatannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode cerita keteladanan Rasulullah SAW dapat meningkatkan perilaku anak. Hal ini dapat diketahui dari jumlah hasil nilai penelitian yaitu pada saat pra-siklus yaitu 27,5%, siklus 1 tindakan 8 yaitu 48%, dan siklus 2 tindakan 7 yaitu 78,75%. Dengan demikian penerapan metode cerita keteladanan Rasulullah SAW sangat cocok untuk meningkatkan perilaku anak. Peneliti juga merekomendasikan bahwa untuk meningkatkan perilaku anak sebaiknya menggunakan metode tersebut.