PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V SDN DUKUH MALANG Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Dukuh Malang Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang
Main Author: | Jannah, Miftahul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12592/1/PENINGKATAN%20KUALITAS%20PEMBELAJARAN%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20QUESTION%20STUDENT%20HAVE%20PADA%20MATA%20PELAJA.PDF https://eprints.untirta.ac.id/12592/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tentang keragaman suku bangsa menggunakan model Question Student Have. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai hasil belajar siswa pada konsep tersebut. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, pedoman wawancara pada pra siklus, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar siswa dalam bentuk tes tertulis serta lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa yang menyebabkan meningkatnya pula hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas siswa mencapai angka 72%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan mencapai angka 100%. Pada pembelajaran siklus I yang mencapai nilai KKM (60) yaitu 43% dengan nilai rata- rata hasil belajar siswa yaitu 52,5. Sedangkan hasil tes pada siklus II yang mencapai nilai KKM (60) yaitu 86% dengan nilai rata�rata hasil belajar siswa yaitu 80,71. Hasil tes sesudah proses pembelajaran tersebut tergolong dengan kategori yang sangat baik dengan indikator keberhasilan mencapai nilai di atas KKM sebanyak 86%. Ini menunjukkan bahwa menggunakan model Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.