PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Citerep Kecamatan Walantaka Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: POPPY IRMAYANTI, DEDE
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12585/1/PENINGKATAN%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KARANGAN%20NARASI%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20QUANTUM%20TEACHING%20PADA%20SISWA%20KELAS%20V.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12585/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata belajar siswa untuk materi menulis karangan narasipada tahun ajaran 2013-2014 Hal ini juga terlihat dari hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) yang rendah pada hasil pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 60,9 %. Nilai ini dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu sebesar 65 %. Sehingga perlu banyak yang diperbaiki lagi. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan model Quantum Teaching siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa sehingga pada prestasi belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran siswa dan guru. Alur dengan pelaksanaan tindakan bentuk siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dilanjutkan dengan observasi, kemudian refleksi dilanjutkan rencana tindakan selanjutnya. Subyek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Citerep yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar dan foto. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu dengan penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatan keterampilan menulis karangan narasipada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Citerep. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata tes hasil belajar siswa dan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Hal ini menandakan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa.