PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Di Kelas V SD Negeri Singapadu Kec. Curug Kota. Serang)
Main Author: | Ulpah, Ulpah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12584/1/PENINGKATAN%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KARANGAN%20EKSPOSISI.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12584/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas V SDN Singapadu, Kecamatan Curug, Kota Serang. Permasalahan ini diantaranya, masih banyak siswa yang belum dapat membedakan antara karangan eksposisi dengan karangan lainnya, dan beberapa masalah yang menjadi penyebab utama tidak optimalnya pembelajaran, antara lain : guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, minat belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran kurang, dan kurangnya motivasi guru pada peserta didik. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti berusaha untuk menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang materi menulis Karangan Eksposisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa dikelas V SDN Singapadu? Jumlah siswa pada kelas V ini berjumlah 24 siswa, penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4x pertemuan dan menggunakan 2 siklus. Instrumen penelitian menggunakan lembar soal tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I (62,5%) dan persentase pada siklus II adalah 79,17%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.