PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE BRAIN WRITING DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN UMBUL TENGAH II KOTA SERANG

Main Author: Nurmayanti, Mia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12583/1/PENINGKATAN%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20KARANGAN%20DESKRIPSI%20MELALUI%20METODE%20BRAIN%20WRITING%20DALAM%20PELAJARAN%20.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12583/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningktakan keterampilan menulis wacana deskripsi melalui metode brain writing dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SDN Umbul Tengah II Kecamatan Taktakan Kabupaten Serang Tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Setting waktu penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu. Aktivitas dalam penelitian tindakan diawali dengan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan melakukan refleksi (reflection), dan seterusnya sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Alat pengumpulan data berupa tes, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung presentasi hasil tes, lembar observasi aktivitas siswa setiap siklusnya.sebagai akhir dri pelaksanaan penelitian ini penulis mendapat kesimpulan sebagi berikut: Peningkatan keterampilan menulis ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan penelitian yaitu prosentase pada studi pendahuluan sebesar 30,00% (kurang) atau hanya 10 orang siswa dari 34 siswa yang mampu menulis dengan baik yakni dapat mencapai nilai diatas nilai 70 atau nilai KKM pada aspek menulis. Hasil siklus I meningkat menjadi 55,88% (sedang)karena dari 34 siswa 19 siswa yng berhasil memperoleh nilai diatas KKM, hasil pelaksanaan siklus II meningkat sebesar 88,23% yakni daari 34 siswa 30 siswa berhasil memperoleh nilai diatas KKM, dari 30 siswa dikategorikan 20 siswa dalam kategori baik dan 10 siswa dalam kategori sangat baik