PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Wadasari Bojonegara Kabupaten Serang)

Main Author: Sarti’ah, Sarti’ah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12580/1/PENINGKATAN%20KETERAMPILAN%20MENULIS%20CERPEN%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20THINK%20TALK%20WRITE.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12580/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan latar belakang masalah pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis Cerpen di kelas IV SDN Wadasari Bojonegara menunjukan bahwa nilai belajar siswa masih belum optimal. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk itu peneliti menggunakan model Think Talk Write. Penelitian ini merumuskan masalah mengenai aktivitas siswa dan hasil belajar menulis dengan menggunakan model Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menulis Cerpen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan siswa dalam menulis Cerpen dengan menggunakan Model Think Talk Write, untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis Cerpen dengan menggunakan model Think Talk Write. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan mengindikasikan bahwa menggunakan model Think Talk Write merupakan cara mengajar yang mendorong siswa untuk mengembangkan tulisan dengan lancar dan melatih bahasa sebelum menuliskannya. Akhirnya penulis berkesimpulan bahwa Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok Cerpen dengan menggunakan model Think Talk Write dapat meningkatkan Keterampilan menulis siswa