PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI METODE PROYEK PADA KELOMPOK B DI TK AL-KHAIRIYAH RAMANUJU KOTA CILEGON (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Main Author: Suryaningsih, Nina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12573/1/PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20SAINS%20PERMULAAN%20MELALUI%20METODE%20PROYEK%20PADA%20KELOMPOK%20B%20DI%20TK%20AL%20KHAIRIYAH.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12573/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses penerapan metode proyek dalam meningkatkan kemampuan sains permulaan pada anak kelompok B TK Al khairiyah ramanuju, (2) mengetahui kemampuan sains permulaan setelah menerapkan metode proyek pada anak kelompok B TK Al khairiyah ramanuju kecamatan Citangkil kelurahan Citangkil kota Cilegon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 15 anak. Data tentang perkembangan sains permulaan kelompok B dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode kualitatif dan data hasil statistik meggunakan metode kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan setelah penerapan metode proyek terjadi peningkatan kemampuan sains permulaan kelompok B pada pra siklus 25%, siklus I sebesar 37% dan pada siklus II meningkat sebesar 64%. Sehingga dalam siklus II termasuk dalam kriteria keberhasilan tindakan sebesar 60%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan sains permulaan kelompok B pada TK Al Khairiyah Ramanuju Cilegon