PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF�KOLABORATIF PADA SISWA KELAS V SDN KUBANG SEPAT II (Peneliti Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Kubang Sepat II Citangkil Kota Cilegon)

Main Author: ANITA, ANITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12569/1/PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20MENULIS%20SURAT%20RESMI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12569/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada SDN Kubang Sepat II Cilegon-Banten yang bertujuan menilai proses pembelajaran siswa-siswi SD kelas V dalam rangka memberikan pengarahan pada penyusunan bagian terpenting pada sebuah penulisan surat resmi terkait materi menulis surat resmi pada pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut diperlukan karena mereka mengatakan bahwa masih belum mengerti dalam pembuatan penulisan surat yang baik sehingga diperlukan adanya pemberian materi penulisan surat resmi dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif-kolaboratif supaya lebih efektif. Dalam kegiatan ini, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan dan 2 kali tes. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh yaitu hasil belajar dan data aktivitas siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Pada pertemuan pertama di siklus I hasil aktivitas kegiatan siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan model pembelajaran kooperatif-kolaborarif hanya sebesar 61%. Pada pertemuan pertama di siklus II ini hasil observasi aktivitas siswa didapat hasil skala persentase aktivitas belajar siswa yaitu 73% dan berdasarkan sudijono (2012:35) hasil tersebut termasuk kategori “baik”. Dibandingkan dengan hasil yang diperoleh pada siklus I, pertemuan kedua sebesar 68% maka terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 6%.