PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Serang)

Main Author: Astridewi, Sastika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12566/1/PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20KOMUNIKASI%20MATEMATIS%20DAN%20SELF-CONFIDENCE%20SISWA%20MELALUI%20MODEL%20PEMBELAJ.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12566/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan Self-confidence siswa dan dilakukan di SMA N di Kota Serang. Hal ini diperkuat dengan hasil studi lapangan yang menunjukkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan didukung percaya diri siswa yang sangat kurang. Oleh karena itu, peneliti menerapkan strategi lain dalam pembelajaran, yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Time Token Arends untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-confidence siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh diantaranya: 1)peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 2)peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends pada kelompok siswa berkemampuan tinggi lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 3)peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends pada kelompok siswa berkemampuan sedang lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 4)peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif Time Token Arends pada kelompok siswa berkemampuan rendah tidak lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 5)peningkatan Self�confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.