PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Roudhotul Fitri Serang)
Main Author: | Prihatini, Suci |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12565/1/PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20KOGNITIF%20MELALUI%20PERMAINAN%20BENTUK%20GEOMETRI%20ANAK%20USIA%204-5%20TAHUN%20word.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12565/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia berpikir. Salah satu bentuk kemampuan kognitif adalah anak dapat mengenal bentuk geometri. Untuk memperkenalkan bentuk geometri pada anak dapat melalui kegiatan bermain geometri. Bermain geometri merupakan suatu aktivitas yang dilakukan secara langsung dengan senang atau gembira dan menggunakan bentuk-bentuk geometri yang terbuat dari berbagai bahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui permainan benda bentuk geometri pada anak kelompok A di PAUD Roudhotul Fitri Serang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri dari 4 tahap yaitu : perecanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi di kelas. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa melalui kegiatan permainan benda bentuk geometri kemampuan kognitif anak pada siklus 1 adalah sebesar 42%, Sedangkan pada siklus 2 menjadi sebesar 77%. Kemampuan yang ditunjukkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin percaya diri dalam mengenal geometri. Untuk itu dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian dinyatakan berhasil