PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di TK Tunas Merak Pandeglang)

Main Author: DIDA SISWANTI, MITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12564/1/PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20KOGNITIF%20MELALUI%20PEMBELAJARAN%20SAINS%20PADA%20ANAK%20USIA%205-6%20TAHUN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12564/
Daftar Isi:
  • Kondisi dalam proses pembelajaran yang terlihat dari anak kelompok B di TK Tunas Merak Pandeglang, masih belum adanya respon yang baik terkait kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya. Hal ini disebabkan oleh guru hanya memberikan pembelajaran melalui berhitung, menulis dan membaca saja tanpa adanya media sumber belajar yang terbatas, guru jarang sekali menggunakan pembelajaran sains dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, sehingga mengakibatkan ketidak seimbangan anak dalam proses berpikir, dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang bervariasi sehingga mengakibatkan anak pasif. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatan kemampuan kognitif anak adalah pembelajaran sains. Pembelajaran sains dipilih karena sesuai dengan karakteristik anak yang suka bereksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak di TK Tunas Merak Pandeglang yang berlokasi di Jl. Raya Pandeglang, Cigadung, Kecamatan Karang Tanjung Pandeglang, Banten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan dan catatan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 8 kali tindakan dan di siklus II terdiri dari 2 kali tindakan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Pada pra penelitian kemampuan kognitif anak 22%, 2) Setelah anak diberikan tindakan pada Siklus I, kemampuan kognitif anak mulai meningkat menjadi 43%, 3) pada Siklus II, diperoleh hasil sebesar 87%. Dengan demikian, kemampuan kognitif anak sudah dapat meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Maka dapat disimpulkan, bahwa melalui pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Merak Pandeglang.