PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGHEMATAN ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN Cibungur 3 Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang)

Main Author: Priyanti, Ara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12560/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20MATERI%20PENGHEMATAN%20ENERGI%20MELALUI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20DISCOVERY%20LEARNING%202.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12560/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar siswa di kelas VI SDN Cibungur 3 pada materi penghematan energi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan bagaimana aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Cibungur 3 pada materi penghematan energi. Adapun subjek penelitian ini dengan jumlah siswa 41 orang. Alat pengumpulan data berupa soal tes evaluasi (pilihan ganda), lembar observasi aktivitas guru dan siswa, catatan lapangan, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning aktivitas belajar siswa meningkat. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dapat dilihat dari setiap siklus adalah sebagai berikut, pra siklus yang memenuhi nilai KKM hanya 34,15%, sedangkan 65,85% belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Pada siklus I siswa yang memenuhi KKM yaitu, 53,7%, sedangkan 46,3% belum tuntas. Pada siklus II siswa yang memenuhi KKM 92,7%, sedangkan 7,3% belum tuntas. Selain hasil belajar siswa meningkat, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus pertama aktivitas siswa yang mencapai indikator keberhasilan yaitu 18,3%, sedangkan pada siklus kedua aktivitas siswa yang mencapai indikator keberhasilan mencapai 88%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN Cibungur 3 meningkat.