PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DI KELAS IV Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cibonteng Desa Lebak wangi Kecamatan Walantaka Kota Serang
Main Author: | NURSITA, LILIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12559/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATA%20PELAARAN%20IPS%20MELALUI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20SAVI%20%28SOMATI.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12559/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visually, Intelectual). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan untuk siklus I pada tanggal 7 & 8 April 2015 dan siklus II pada tanggal 14 & 15 April 2015. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrumen aktivitas siswa dan aktivitas guru dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk mengukur aktivitas siswa dan aktivitas guru, sedangkan data kuantitatif digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visually, Intelectual) pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Cibonteng berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 59,32% dengan kategori “sangat kurang”, pada pertemuan 2 menjadi 72,49% dengan kategori “cukup”, Sedangkan pada Siklus II pertemuan 1 mencapai 83,53% dengan kategori “baik” dan pertemuan 2 menjadi 93,74% dengan kriteria “ baik sekali”. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 71,88% meningkat sebesar 21,87% pada siklus II menjadi 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visually, Intelectual) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktvitas guru, dan hasil belajar siswa, terbukti dengan adanya peningkatan persentase dari setiap siklusnya.