PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Lontar Baru Serang
Main Author: | Apriliyani, Yenny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12555/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20KELAS%20IV%20MELALUI%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20TEAMS%20GAMES%20TOUR.PDF https://eprints.untirta.ac.id/12555/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata belajar siswa untuk materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. Hal ini juga terlihat dari hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) yang rendah pada hasil pembelajaran IPS. Siswa yang memenuhi KKM yakni baru sekitar 33,33% dari jumlah siswa seluruhnya, sehingga perlu banyak perbaikan lagi. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa pada mata pelajaran IPS dengan model cooperative learning tipe teams games tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran siswa dan guru. Alur dengan pelaksanaan tindakan bentuk siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dilanjutkan dengan observasi, kemudian refleksi dilanjutkan rencana tindakan selanjutnya. Subyek penelitian ini adalah kelas IV SDN Lontar Baru yang berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian berupa lembar observasi siswa, tes hasil belajar, lembar wawancara, foto dan didukung oleh catatan lapangan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu dengan penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Lontar Baru. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 70,5 siswa yang mencapai ketuntasan belajar 73,33% menjadai 81,5 siswa yang mencapai ketuntasan belajar 90%. Hal ini menandakan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS