PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERUMUSAN DASAR NEGARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN Ciinjuk 2 Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang)

Main Author: HAMIDAH, INAS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12553/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20POKOK%20BAHASAN%20PERSIAPAN%20KEMERDEKAAN%20INDONESIA%20DAN%20PERUMUSAN%20DASAR%20NEGAR.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12553/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN Ciinjuk 2. Penelitian ini dilaksanakan pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Mei dan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 36 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus 1, aktivitas siswa mencapai 67% pada pertemuan I dan 94% pada pertemuan II. Pada siklus 2, aktivitas siswa meningkat mencapai 87% pada pertemuan I dan 100% pada pertemuan II. Hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu >90%. Peningkatan hasil belajar siswa yang telah memenuhi standar KKM, pada siklus 1 meningkat menjadi 53% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81%, hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu >80%. Berdasarkan hasil penelitian dalam setiap siklus menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN Ciinjuk 2.