PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA HARIAN MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS V SD NEGERI SECANG SERANG Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Secang Serang, Kota Serang
Main Author: | Dwi Rahayu, Risnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12549/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MENULIS%20CERITA%20HARIAN%20MELALUI%20%20PEMBELAJARAN%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20GA.PDF https://eprints.untirta.ac.id/12549/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Peneltian ini dilatarbelakangi karena kemampuan penguasaan materi menulis cerita harian pada mata pelajaran bahasa Indonesia masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Terkait materi menulis cerita harian, mereka mengatakan bahwa masih belum mengerti dan memahami tentang apa yang akan ditulis berdasarkan cerita guru tanpa menggunakan media pembelajaran. Siswa dipaksa untuk menggunakan imajinasinya dalam proses belajar mengajar dengan cara pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan dan 2 kali tes. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu hasil belajar dan data aktivitas siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. . Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Secang Serang tahun pembelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang berarti dari hasil belajar yang diperoleh siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil skor yang terus meningkat pada siklusnya serta presentase ketuntasan belajar. Hasil penilaian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 76% siklus II memperoleh ketuntasan belajar yaitu 82% . hasil aktivitas yang diperoleh pada siklus I yaitu 68% dengan kategori baik dan pada siklus II yaitu 82 %dengan kategori baik sekali. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar berseri pada materi menulis cerita harian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Secang Serang.