PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ROMIS (RODA MISTERI) PADA MATA PELAJARAN IPS Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Penancangan 2 Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: Rachmawati, Evi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12543/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20KOGNITIF%20SISWA%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20ROMIS%20%28%20RODA%20MISTE.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12543/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkat aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media pembelajaran ROMIS (Roda Misteri) pada mata pelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian ini dilaksankan di kelas IV SDN Panancangan 2 dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini \adalah penelitian tindakan kelas (PTK), model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap sikulus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes hasil belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil aktivitas siswa sebesar 60% pada pertemuan pertama dan 75% pada pertemuan kedua dengan hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I sebesar 74,4%. Meningkat pada siklus II diperoleh hasil aktivitas sebesar 95% pada pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua dengan hasil belajar siswa diperoleh sebesar 100%. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ROMIS (Roda Misteri) mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.