PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAN RAKYAT DI KELAS IV SDN BAROS 3

Main Author: Nurlia, Ana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12540/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPS%20MELALUI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20EXAMPLE%20NON%20EXAMPLE%20PADA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12540/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran example non example hingga mencapai minimal 85%. Jenis pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian, dimana pada setiap siklusnya dilakukan dengan dua pertemuan. Tiap dilakukan dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen tes, instrumen observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa. Dengan diterapkannya model pembelajaran example non example aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I aktivitas belajar siswa 65,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Begitupun dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 77% dan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran dikelas IV Sekolah Dasar Negeri Baros 3.