PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas III SDN IPPOR Gudang 1 Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2014/2015)

Main Author: NUR OCTAVIANI, VERRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12533/1/PENINGKATAN%20%20HASIL%20BELAJAR%20%20SISWA%20MELALUI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20COOPERATIVE%20INTEGRETED%20READING%20AND%20C.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12533/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa di kelas III-C SDN IPPOR Gudang 1 Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Sumedang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai UTS IPS siswa yang sebagian besar belum mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu ≥70, di mana nilai rata-rata IPS yang diperoleh saat UTS adalah 71.25. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integreted Reading And Composition (CIRC) pada pembelajaran IPS kelas III SD. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil prasiklus, siklus 1 dan siklus 2 dengan indikator keberhasilan. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan yaitu bulan Maret sampai April 2015, dengan mengambil subjek siswa kelas III-C yang berumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan CIRC mengalami peningkatan. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 57.14 dengan prosentase keberhasilan 28%, kemudian meningkat pada siklus 1 dengan rata-rata hasil belajar 63.9 dengan prosentase keberhasilan 57% dan meningkat kembali pada siklus 2 dengan rata-rata hasil belajar 74.6 dengan prosentase keberhasilan 82%.